Kamis, 08 Desember 2016

Adi Metal Rock ‎– Revolusi Kaisar (1991)





Adi Metal Rock terbentuk tanggal 15 April tahun 1984 di Surabaya. Yang unik dari band pengusung aliran Metal Klasik ini adalah kelima personilnya berasal dari satu rahim yang sama dan nama “Adi” disisipkan ditengah-tengah nama lengkap mereka. Adi Sandoyo (keyboard), Adi Nirwanto(bass), Adi Sugiarto (vokal), Adi Prasetyo (gitar) dan Adi Prastanto (drum) kerap tampil dengan dandanan ala Kiss dengan kostum nyeleneh dan memakai topeng.
Adi Metal Rock secara gamblang mengakui apabila band mereka plagiator Kiss tapi dalam setiap aksi panggungnya mereka juga kerap mencomot lagu-lagu dari Scorpion , Judas Priest dan Iron Maiden . Setiap aksi Adi Metal Rock di atas panggung selalu enerjik.
Nama Adi Metal Rock melambung ketika menyandang predikat jawara pada Festival Rock Se-Indonesia garapan Log Zhelebour tahun 1987. Kesuksesan di ajang pesta Rock yang paling bergengsi saat itu menjadi jalan pembuka dalam menapaki industri rekaman lewat pangsa musik Rock yang kompetitif.
Tahun 1990, Adi Metal Rock mendapat pinangan dari Surya Records untuk merekam lagu-lagu mereka ke dalam format album. Setelah proses penggarapan dirampungkan, album perdana Adi Metal Rock dibanderol dengan kop “Revolusi Kaisar ”. Album bermateri 10 lagu tersebut diawali dengan sebuah lagu andalan berjudul Revolusi Kaisar. Temanya diangkat dari tragedi jatuhnya Pu Yi, kaisar Cina yang terakhir. Karena itulah di lagu ini Adi Metal Rock menghadirkan sebuah repertoar yang mengakar pada tradisi musik Asia. Mengingatkan pada film The Last Emperor garapan sutradara Bertoluci.
Secara lagu, tampaknya kesatuan musik dan lirik Adi Metal Rock memang terasa memikat. Tapi jika lirik Adi Metal Rock dilepas tersendiri dan dikaitkan pada persoalan bahasa Indonesia yang baik dan benar, terasa sekali lirik “Revolusi Kaisar” hanya gambaran umum, global dan hanya menyiratkan kesan semata. Yang agak lumayan adalah lagu “Tataplah Bintang”. Bahasa lancar,logikanya kena dan tidak bertele-tele.
Dari sepuluh lagu Adi Metal Rock yang ditawarkan, semua mengarah ke Rock bahkan ada beberapa mengarah bermetal ria. Tapi ada juga yang Pop Rock misalnya “Langkah Awal”.
Meski sudah lama bersama dalam wadah sebuah band, tapi baru 8 tahun kemudian memasuki dapur rekaman. Sehingga wajar saja bila Adi Metal Rock kurang begitu lincah menemukan sound serta membuat komposisi yang matang. Apalagi disana sini masih kuat pengaruh musisi luar misalnya pengaruh Yngwie Malmsteen pada lagu “Phobia”. Pada “Episode Kehidupan” ada pengaruh Eddie van Hallen saat menggeber gitar.
Tapi patut dihargai pada lagu “Misteri Kelud” setidak-tidaknya usaha mereka untuk menggabungkan Pentatonik dan Diatonik cukup menunjukkan niat mereka yang baik serta pandangan yang luas. Nomor-nomor lain seperti “Pesta”, “Deru Tantangan” dan “Tataplah Bintang” juga menunjuk pada keseriusan mereka mencipta. Tapi sektor vokal, pendalaman lirik dan komposisi lagu masih menjadi titik lemah dari Adi Metal Rock . Semua lirik dan aransemen Adi Metal Rock dikerjakan oleh kelima putera pasangan Makarius Ali Sastrowardoyo dengan Agatha Sri Subekti.
Debut album Adi Metal Rock lumayan direspons positif oleh kalangan Rock tanah air. Dua nomor berhasil menjadi hits yaitu “Revolusi Kaisar” dan “Mereka Menantimu”. Selang dua tahun setelah kemunculan album “Revolusi Kaisar” , Adi Metal Rock merilis album kedua “Licik Munafik” meski tak berkibar dibandingkan album perdananya. Setelah itu nama Adi Metal Rock menghilang hingga sekarang.
(https://www.facebook.com/KNBRM/posts/357683287602214)

Original line-up :
Adi Prastanto - Drums
Adi Sugiarto - Vocals
Adi Prasetyo (R.I.P. 2012) - Guitars
Adi Sandoyo - Keyboards
Adi Nirwanto (R.I.P. 2011) - Bass

List :
01.Adi Metal Rock - Revolusi Kaisar
02.Adi Metal Rock - Langkah Awal
03.Adi Metal Rock - Deru Tantangan
04.Adi Metal Rock - Aku Cinta Kamu
05.Adi Metal Rock - Tataplah Bintang
06.Adi Metal Rock - P e s t a
07.Adi Metal Rock - Episode Kehidupan
08.Adi Metal Rock - Misteri Kelud
09.Adi Metal Rock - P h o b i a
10.Adi Metal Rock - Mereka Menantimu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar