Rabu, 21 Desember 2016

Roxx - Roxx (1992)


Roxx adalah grup musik beraliran Heavy Metal yang didirikan pada 1 April 1987 di Jakarta. Didirikan dengan formasi awal yakni Trison, Jaya, Arry, Tony, dan Iwan, yang disebut juga sebagai formasi klasik Roxx. Sekarang, Roxx berisikan Trison, Tony, Didi Crow, dan Raiden. Arry dan Jaya adalah personel awal Roxx yang sudah tidak tergabung lagi, Arry meninggal dunia pada tahun 1999, sedangkan Jaya keluar pada awal tahun 2016.

Roxx dikenal dengan album pertama mereka yaitu Roxx yang dirilis tahun 1992. Album yang juga disebut sebagai black album itu berisikan sejumlah hits klasik Roxx seperti: "5 Cm", "Price", "Gontai", dan "Rock bergema". Lagu "Rock bergema" juga termasuk dalam 150 Lagu Indonesia Terbaik versi majalah Rolling Stone Indonesia.

Dalam sejarah musik Indonesia, Roxx merupakan pelopor dari pergerakan musik metal atau underground di Indonesia.

Roxx awalnya merupakan penggabungan 2 band lokal yakni Navy Punk dan Skull dengan formasi Trison (vokal), Jaya (gitar), Iwan (gitar), Tony (bass), dan Arry (drum), yang terlebih dahulu memainkan nomor-nomor hard rock dan glam metal pada tahun 1987. Dengan dandanan nyentrik dan glamor, Roxx sering membawakan cover version dari band-band seperti: Mötley Crüe, Def Leppard, dan Whitesnake.

Namun, identitas mereka berubah total setelah sang leader Arry Yanuar mengubah konsep band menjadi band thrash metal yang gemar memainkan cover Metallica, Anthrax, dan Testament. Dan dari sinilah bisa dibilang, Roxx merupakan pelopor pergerakan musik underground di Indonesia.

Debut mereka dimulai ketika menjadi runner up pada Festival Rock tahun 1989 versi Log Zhelebour, yang kemudian membawa grup musik ini dalam industri musik di Tanah Air dengan dimasukkannya lagu single hits pertama mereka, “Rock Bergema” dalam Album Kompilasi Festival Rock Log Zhelebour tahun 1989.

Album pertama Roxx dirilis pada awal tahun 1992 dengan judul album yang sama yaitu Roxx, yang melahirkan lagu-lagu hits seperti “Gontai", "Penguasa", "5 Cm", "Gelap", "Price", dan "Rock Bergema”. Diedarkan oleh PT. Suara Sentral Sejati dan didistribusikan oleh Blackboard Indonesia. Kesuksesan album tersebut di blantika musik Tanah Air akhirnya mencatat Roxx sebagai grup musik pertama di Indonesia yang merilis albumnya di pasar Internasional. Hal ini ditandai dengan diadopsinya album perdana Roxx tersebut pada tahun 1992 oleh Polygram International.


Album ini merupakan salah satu album metal terbaik dalam sejarah musik Indonesia, dan juga album yang menandai munculnya pergerakan musik underground Indonesia pada awal tahun 90-an. Lagu "Rock Bergema" juga termasuk dalam 150 Lagu Indonesia Terbaik versi majalah Rolling Stone Indonesia.
  1. Gontai (5:08)
  2. Penguasa (4:42)
  3. Gelap (5:24)
  4. 5 Cm (6:02)
  5. ...Yang Tersisih (3:43)
  6. Society Way (5:34)
  7. Price (5:53)
  8. Ada Tiada (7:36)
  9. Superstar (4:01)
  10. Rock Bergema (4:33)
Download

Trison Manurung : lead vocal
Jaya : guitar
Tony : backing vocal, bass guitar
Iwan : guitar
Arry Yanuar : drum


https://id.wikipedia.org/wiki/Roxx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar