Jumat, 23 Desember 2016

Slank - Piss (1993)



Selepas album kedua tersebut, SLANK semakin laris di dunia musik Indonesia. SLANK sering mendapat panggilan untuk tampil di berbagai Kota di Indonesia yang salah satunya adalah Bali. Di kota ini, SLANK mulai mengenal barang haram yang pada akhirnya menjadi sumber perpecahan SLANK formasi 13. Ketika tampil di Bali tentu saja para Personil SLANK tidak menyia – nyiakan kesempatan untuk menikmati indahnya alam Indonesia. Seusai konser, masing – masing dari mereka beranjak untuk menikmati suasana Pantai Bali yang tersohor hingga ke belahan dunia manapun.

Kalau sebelumnya SLANK meluncurkan album ke – 2 tepat setahun setelah album pertama, untuk album ke – 3 ini SLANK membutuhkan waktu 2 tahun untuk merampungkan album yang pada akhirnya diberi nama ‘PISS’ yang merupakan plesetan dari kata ‘Peace’ yang berarti Damai.
Keunikan yang terdapat di album yang cover depannya menampilkan sesosok tubuh Pria bertelanjang dada ini, SLANK terlihat semakin slenge’an. Ketika itu, model pria yang berpose telanjang dada dengan memakai kalung berlambang PISS yang merupakan ide kreatif dari Bimbim. Keunikan lain yang terdapat di album ini adalah cover dalamnya yang memuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) para Personil SLANK. Dalam album ini terdapat sebuah lagu yang mengisahkan tentang salah satu permainan yang gemar digemari anak – anak saat itu, yaitu ‘Main Monopoli’. Masih slenge’an? Tentu saja, bahkan bisa dibilang SLANK makin slenge’an. Dapat kita dengar sendiri di lagu berjudul ‘CEKAL’. Di awal lagu tersebut terdengar suara bising serutan gergaji yang berasal dari keisengan Indra Q pada saat merekam lagu tersebut. Indra Q saat itu menggergaji salah satu kursi yang terdapat di Jackson Studio hingga terbelah dua. SLANK juga masih mengajak beberapa Musisi dalam penggarapan album PISS yang kemudian menjadi jargon SLANK untuk meneriakkan perdamaian di setiap penampilanny tersebut. Lagu berjudul ‘Tepi Campuhan’ SLANK dibantu oleh Rere yang memainkan salah satu Perkusi, yaitu Jimbe. Rere merupakan drummer dari grup musik Grass Rock, dan saat ini tergabung dalam grup musik Black Out. Dengan mengandalkan lagu ‘Mau (Beli) Tidur) dan Kirim aku bunga, SLANK pun berhasil meraih penghargaan BASF Selling Album 1992-1993 kategori Rock Alternatif.


SLANKfact
  • Berbeda dengan albm sebelumnya, untuk album ini SLANK membutuhkan waktu 2 tahun untuk mengerjakannya.
  • Banyak yang mengira kalau model untuk cover album ini adalah Bimbim. Tapi sebenarnya pria yang bertelanjang dada tersebut adalah Aji Tarmo tetangganya SLANK.
  • Keunikan dari album ini adalah kehadiran cover dalamnya yang menampilkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) para Personil SLANK.
  • Di awal lagu CEKAL terdegar suara bising serutan gergaji yang berasal dari keisengan Indra Q yang pada saat merekam lagu tersebut menggergaji salah satu kursi di Jackson Studio hingga terbelah dua.
  • Album ini meraih penghargaan BASF Selling Album 1992-1993 kategori Rock Alternatif.
TRACK LIST :
SIDE A :
01. Mau (Beli) Tidur
02. Piss
03. Histeris
04. Kirim Aku Bunga
05. Begitu Saja
06. Percuma


SIDE B :
07. BMW
08. Firasat
09. Main Monopoli
10. Cekal
11. Korban Tradisi
12. Anyer, 10 Maret
13. Tepi Campuhan


http://rudymezzaluna.blogspot.co.id/2014/12/album-studio-slank-piss-des-1993.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar