Jumat, 23 Desember 2016

Slank - Generasi Biru (1994)








Album ini merupakan album keempat SLANK dimana SLANK melakukan reformasi dengan berdiri sendiri. SLANK memilih jalan baru dalam bermusik, yakni menjadi indie label tepatnya pada tahun 1994. Selepas dari Boedi Soesatio, akhirnya SLANK menggaet salah seorang yang dekat dengan mereka dan juga merupakan mantan Personil SLANK, yaitu Denny BDN (Bang Denny) untuk mengurusi Manajemen yang mengurusi segala urusan SLANK yang diberi nama Pulau Biru Production. Seperti yang kita ketahui bersama, Pulau Biru merupakan salah satu judul lagu yang terdapat di album Kampungan, dan menjadi nama untuk Komunitas anak Potlot. Selain itu, SLANK juga mengusung bendera rekaman baru, yakni ‘Piss Record‘. Punggawa SLANK sendiri masih sama seperti album sebelumnya, yakni berisikan Bimbim SLANK Sidharta (Drum), Pay SLANK (Gitar), Bongky ‘Bong SLANK (Bass), Kaka J SLANK (vocal), dan Indra Q SLANK (Keyboard). Album ini juga diedarkan dalam bentuk : Kaset dan Compact Disc (CD) dengan pendistribusian yang dibantu oleh Program/Virgo Rec. Untuk urusan Mixing & Mastering dikerjakan oleh Indra Q di Jackson Studio dan hits single untuk album ini adalah lagu Kamu Harus Pulang dan Terbunuh Sepi.
  • Album ini merupakan album SLANK yang paling berkesan, karena SLANK melakukan sebuah eksperimen dengan proses rekaman yang dilakukan di 3 tempat berbeda. Mulai dari Potlot 14, Pondok Nurul (Puncak – Jawa Barat), dan Cibubur, Jawa Barat.
  • Desain cover yang didalamnya terdapat kronologi proses pembuatan album ini dikerjakan oleh salah seorang sutradara ternama yang sering nongkrong di Potlot 14 yakni Dimas Jay.
  • Berbeda dengan album sebelumnya yang logo SLANK-nya dibuat oleh Boedi Soesatio, untuk album ini logo SLANK bulat dibuat oleh Bongky.
  • Proses take vocal untuk lagu Terbunuh Sepi dilakukan Kaka di tengah lapangan dan dilakukan di tengah malam.
  • Album ini mendapat Penghargaan Double Platinum album dalam BASF Awards, untuk kategori penjualan album Rock terlaris tahun 1994 – 1995.
  • Video klip lagu Kamu Harus Pulang yang disutradarai oleh Gusti Hermansyah dari Djerit Sinema juga berhasil meraih Penghargaan sebagai Video Klip Favorit dari VMI (Video Musik Indonesia) 1994/1995 dan Video Klip Terbaik Sepanjang Tahun 1995/1996.
TRACK LIST :
SIDE A :
Intro
01. Kamu Harus Pulang
02. Terbunuh Sepi
03. Serba Salah
04. Blues Males
05. Nggak Perawan Lagi
06. Hey Bung

SIDE B :
07. ‘…
08. Reaksi
09. Peodalisme (Warisan Kompeni)
10. Birokrasi Complex
11. Pisah Saja Dulu
12. Generasi Biru


http://rudymezzaluna.blogspot.co.id/2014/12/album-studio-slank-generasi-biru-des.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar