Jumat, 23 Desember 2016

Slank - Minoritas (1995)



Album ini adalah album kelima SLANK yang berisi 10 lagu dengan formasi Bimbim SLANK Sidharta (Drum), Pay SLANK (Gitar), Bongky ‘Bong SLANK (Bass), Kaka J SLANK (vocal), dan Indra Q SLANK (Keyboard) dan diedarkan dalam bentuk : Kaset dan Compact Disc (CD) dibawah naungan PISS Record dan dibantu oleh Program/Virgo Rec dalam proses pendistribusiannya. Kesepuluh lagu dari album ini direkam, di-mixing, dan mastering oleh Indra Q dkk di IQ Kamar Musik, sementara sound engineer-nya adalah Teddy Riady. Hits single untuk album ini adalah lagu Bang-Bang Tut & Kalau Kau Ingin Jadi Pacarku.

Meski para Personil SLANK masih diselimuti barang haram narkoba, namun SLANK masih bisa menunjukkan profesionalismenya dengan kembali mengeluarkan album baru. Album ke – 5 SLANK ini diberi judul ‘Minoritas‘ dengan lagu ‘Bang Bang Tut’ sebagai lagu andalan. Video klip untuk lagu Nyonyo Esha yang menampilkan para Personil SLANK serasa berada di dunia khayalan ini, berhasil mendapatkan Penghargaan sebagai Video Klip Terbaik dari aVMI (Vide Musik Indonesia) Tahun 1995/1996. Di album ini juga terdapat sebuah lagu berjudul ‘Tut Wuri Handayani’ yang merupakan kisah anak sekolah. Selain itu, terdapat pula sebuah lagu yang di dalamnya hanya diisi oleh suara Bimbim seorang yaitu lagu ‘Bidadari Penyelamat’. Keunikan yang terdapat di album ini adalah lirik yang tertempel dicovernya yang ditulis terbalik. Jadi dibutuhkan sebuah cermin untuk membaca lirik lagu di album Minoritas ini.
Lama kelamaan, pengaruh barang haram yang menyelimuti para Personil SLANK semakin membuat mereka tidak terkendali. Aroma keretakan antar Personil SLANK mulai terlihat setelah dirilisnya album Minoritas tersebut. Masing – masing Personil kerap mengalami perselisihan dan menunjukkan sikap apatis atau tidak peduli. Selain itu, masing – masing personil SLANK juga memiliki kesibukan sendiri yang semakin membuat mereka kurang membagi waktu untuk SLANK. Kekompakan antar Personil SLANK semakin tidak bisa dipertahankan. Hingga pada akhirnya, Bimbim selaku leader memutuskan agar SLANK vakum untuk beberapa saat untuk membangun kembali keserasian antar Personil. Namun tanpa diduga, dalam masa vakum tersebut Bimbim melayangkan surat pemecatanya kepada 3 Personil SLANK yaitu Bongky, Indra Q, dan Pay. Formasi 13 yang begitu solid, dan sering dibilang formasi ajaib dan menciptakan beragam fenomena itu pada akhirnya harus bubar juga.
  • Album ini adalah album terakhir SLANK Formasi 13 dimana setelah album ini, SLANK hanya menyisakan 2 personil saja yakni Kaka dan Bimbim.
  • Dikatakan oleh Kaka sendiri, meski pembuatan album ini terkesan terseok-seok karena personil SLANK mulai sibuk dengan urusannya masing-masing, tapi entah kenapa lagu-lagu di album ini bagus-bagus.
  • Keunikan yang terdapat di album ini adalah teks lirik yang tertempel di cover-nya yang ditulis terbalik. Jadi dibutuhkan sebuah cermin untuk membaca lirik lagu di album Minoritas ini.
  • Video klip lagu Bang-Bang Tut yang jadi hits single di album kelima SLANK ini mendapatkan Penghargaan sebagai Video Klip Terbaik dari VMI (Video Musik Indonesia) Tahun 1995/1996.
TRACK LIST :
SIDE A :
01. Bang-bang Tut
02. Tut Wuri Handayani
03. Jinna Belasan dalam Pelarian
04. Gemerlap Kota
05. Bidadari Penyelamat

SIDE B :
06. Suku Benalu
07. H.a.m. burger
08. Pak Tani
09. Entah Apa ?
10. Kalau Kau Ingin Jadi Pacarku


http://rudymezzaluna.blogspot.co.id/2014/12/album-studio-slank-minoritas-jan-1996.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar